28.10.08

aku menanti musim panas... (ketika hujan baru tiba)

hujan lagi...gelap lagi... kotaku sekarang terlihat berbeda... ada nuansa lain yang kutangkap ketika aku berjalan di jalan-jalan setapak menuju atau pulang kantorku. suasana dingin dan sunyi. sebelum musim hujan datang, orang2 begitu sering terlihat di luar bangunan2 besar itu. bersemangat untuk berjalan di siang hari, entah untuk sekedar memenuhi perut yang lapar, mencari makan siang di sekitar kantornya, atau di sore hari berjalan pulang dengan terburu2 mengejar bisnya. sekarang, pagi, siang, sore, orang2 makin berkurang yang menyempatkan diri berjalan kaki dengan berbagai maksud dan tujuan. sekarang, hujan lagi, gelap lagi, semua entah kemana. kotaku larut dalam sunyi dan kelabunya. jalan2 basah. kaki2 berlari menghindar air. bersembunyi dalam perlindungan hangat gedung2 besar itu. dan aku, pecinta keriuhan,penikmat kegaduhan, dan akan segera kering ketika terlalu sunyi disekitarku, hanya bisa bergumam dalam hati, "aku menantikan musim panas datang lagi." karena... terlalu melankolis rasa yang ditinggalkan oleh hujan. terlalu sok romantis, ketika orang2 memandang air yang jatuh dari langit sambil berkata, "hangatnya jika sekarang kita berada di rumah, dalam pelukan orang yang menyayangi." terlalu abu2 warna ketika musim hujan tiba, seakan tidak ada kebahagiaan, gelap dan suram. hujan menimbulkan perasaan aneh. dinginnya udara menggigilkan hati dan badan. hujan menyadarkan aku bahwa ketika aku merasakan dinginnya angin yang membuatku gemetar, aku akan pulang dengan perasaan kosong. bahwa aku akan pulang dengan tubuh basah. tanpa ada yang menanti disana. di ruang yang juga dingin karena dinginnya udara di luar. ke dalam ruangan yang tak menawarkan kehangatan. tanpa ada yang menantiku disana. untuk memberikan kehangatan. aku tidak menyukai hujan dan musim yang berawan. terlalu pekat nuansa kota ini. terlalu tidak bersahabat. dan masih akan sangat lama kutunggu datangnya musim panas. dengan segala kehangatan dan kegaduhannya

No comments:

Post a Comment