8.10.08

Slipping through my fingers

duh gara2 nonton mama mia n ngeliat adegan meryl streep nyanyiin lagu bwt anaknya pas anaknya mo merid (dgn latar pemandangan jalan ke tempat meridnya yg sumpah spekatakuler abis) bikin gue jd nginget nyokap gue ni. merinding gue ngeliat matanya meryl, even dia cm acting. abis cara dia ngeliat itu kaya caranya nyokap gue ngeliat gue pas gue mo kluar rumah pertama kali dan ga kembali2 utk waktu yg lama (gue mo kuliah ke semarang). ngeliatnya lama gt, trus diliatin dr kepala ampe kaki. agak risih si, ngapain jg nyokap gue ngeliat kaya gt. ini utk pertama kalinya gue bener2 bisa kluar rumah dan untuk pertama kalinya jg ngerasa bebas dr proteksi dan kekangan orang tua (yg umumnya suka ngelarang ini itu). apalagi ini peginya ke tempat yg jauh, dan gue antusias bgt ngadepin berbagai macam hal baru yg akan gue dpt disana. jg dgn antisipasi tinggi utk ngadepin suasana baru. pokoknya semangat tinggi banget. makanya gue rada kurang peka ma prasaan orang tua gue, khususnya nyokap gue. ya wajarlah klo gue jg masih pny rasa sedih berhubung ini untuk pertama kalinya bener2 berpisah ma ortu gue dan untuk waktu yg lama pula. jadi pasti ada rasa sedih. cuma ga sebesar rasa antusias gue. makanya gue ga terlalu nganggep cara nyokap gue ngeliat gue. biasa aja. tapi bertahun-tahun kemudian, pas gue dgr lagu abba di film itu, sumpah gue merinding bgt. ini kali ya sesungguhnya apa yg dirasain ama ortu gue. perasaan yg sepi, melankolis, campur baur dgn rasa sedih, tidak nyaman, takut kehilangan dll. gue si ampe sekarang masih ngerasa mereka suka masih nganggep gue anak2. memperlakukan gue selayaknya anak2, ampe gue pernah marah2 gara2 ga dikasih kesempatan mutusin sesuatu yg penting bwt hidup gue sendiri. tp itu mungkin sebabnya ya. selamanya bwt mereka, di mata mereka, gue tetap akan dianggap sbg their funny little girl. yg perlu proteksi, yg perlu dirawat, yg perlu diberi kasih sayang. slalu khawatir dan gelisah akan kondisi gue. tp hny bisa pasrah dan menyerahkan gue ke tangan yang lebih kuat. gue awalnya ga peduli prasaan mereka pas gue pergi. tp setelah gue bener2 pegi dan nyaris jarang mengunjungi mereka, that odd feeling comes. dan lagu itu nyadarin gue betapa besar rasa cinta mereka, sehingga mengalahkan rasa egois mereka. merelakan gue pegi krn gue adl anak panah yg hrs dilepas dr busur agar bisa terbang tinggi. melepas gue pegi jauh krn berjauhan membuat gue blajar mandiri, kuat, dan tegar. membiarkan gue pegi krn dgn itu gue paham rasanya berteman dgn rasa sepi dan memaksa diri utk membuka diri thd orang baru. mengendorkan kekangan itu, melihat gue mencoba melangkah sendiri, mengalami jatuh bangun, blajar menjadi dewasa, dan bertambah bijaksana dari waktu ke waktu. gue tidak memperhatikan, bahwa cinta yg besar itu mengalahkan sgala keinginan mereka. di dalam hati nyokap gue, pd saat dia ngeliat gue pegi, apakah prasaan itu yg ada? bhw bnyk bgt yg blom dia lakuin bareng gue, bnyk mimpi2 yg blom dia wujudin bareng gue, banyak waktu yg harus dia habiskan bersama gue tp ga kesampaian krn ga sempat ato ga mau. dan tiba2 gue bukan lg her funny little girl, bukan lg gadis kecilnya yg dl dgn gampangnya nangis krn digodain 3 brothersnya, yg meluk nyokapnya dgn kencang pdhl nyokapnya cm pegi 3 jam, yg hrs dikejar2 utk disuapin krn ogah makan, yg dibentak krn sering ngelawan, tp segera dipeluk klo sakit ati dgr bentakan, yg dibersihkan dan diolesin betadine serta dicium lukanya unutk nenangin tangisan kencangnya krn jatuh dan lecet di kaki gara2 kabur wkt disuruh tidur siang, yg..., yg... dan mungkin pandangan matanya akan semakin sendu, pas tiba hari besar gue, ketika dia bener2 harus ngelepas gu pegi. ketika gue bukan lg disebut sebagai boru dgn marga bokapku, ketika gue akhirnya mendapatkan kluarga baru, menyandang marga baru di belakang nama gadisku. apa gue masih dianggap sbg her funny little girl? mungkin sebelum wkt itu tiba, yg pertama kali gue lakuin adl pulang. pulang k rumah yg sdh lama nungguin gue. pulang ke pelukan orang tua gue. manfaatin waktu sebaik2nya. bentar tp berkualitas. having quality times with them. enjoy our discuss, our laugh, utk sejenak ngebahagiain mereka di usia mereka yg sdh senja, krn gue sadar gue cinta mereka. dan mungkin nyanyiin lagu ini sambil maen gitar... Slipping Through My Fingers Schoolbag in hand, she leaves home in the early morning Waving goodbye with an absent-minded smile I watch her go with a surge of that well-known sadness And I have to sit down for a while The feeling that I'm losing her forever And without really entering her world I'm glad whenever I can share her laughter That funny little girl Slipping through my fingers all the time I try to capture every minute The feeling in it Slipping through my fingers all the time Do I really see what's in her mind Each time I think I'm close to knowing She keeps on growing Slipping through my fingers all the time Sleep in our eyes, her and me at the breakfast table Barely awake, I let precious time go by Then when she's gone there's that odd melancholy feeling And a sense of guilt I can't deny What happened to those wonderful adventures The places I had planned for us to go (Slipping through my fingers all the time) Well, some of that we did but most we didn't And why I just don't know Slipping through my fingers all the time I try to capture every minute The feeling in it Slipping through my fingers all the time Do I really see what's in her mind Each time I think I'm close to knowing She keeps on growing Slipping through my fingers all the time Sometimes I wish that I could freeze the picture And save it from the funny tricks of time Slipping through my fingers... Slipping through my fingers all the time Schoolbag in hand she leaves home in the early morning Waving goodbye with an absent-minded smile...

No comments:

Post a Comment